Syarat Fisik Menjadi TNI

Syarat Kesehatan Gigi Masuk TNI dan Polisi

Syarat kesehatan gigi masuk TNI – Siapa yang tak ingin menjadi seorang perwira TNI atau Polisi? Dari sekian banyak cita-cita anak Indonesia, TNI dan Polisi ada di urutan teratas. Ini membuktikan bahwa TNI dan juga Polisi merupakan pekerjaan idaman orang Indonesia. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang gagal menjadi perwira TNI atau Polisi karena tak bisa memenuhi persyaratan untuk menjadi TNI dan Polisi. Tentu hal ini sangat mengecewakan dan patut untuk disesali.
Menjadi TNI dan Polisi membutuhkan persiapan yang matang, bahkan disarankan jauh-jauh hari sebelum Anda mendaftarkan diri. Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya menjadi seorang TNI atau Polisi, disarankan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Tentara Nasional Indonesia mewajibkan semua calonnya untuk memiliki kesehatan tubuh yang baik, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Sudah banyak orang yang gagal menjadi tentara karena masalah kesehatan gigi.
Perlu diketahui bahwa syarat kesehatan gigi masuk Polisi dan TNI tak jauh berbeda, keduanya mewajibkan para calon untuk memiliki kesehatan gigi yang baik. Standar gigi untuk masuk TNI cukup mudah, yang penting gigi rata, rapi, putih, bersih dan tidak berlubang. Begitu pula persyaratan gigi masuk Polisi, tidak ada kriteria khusus yang diwajibkan karena yang penting gigi tumbuh rapi dan tidak berlubang.

Tes Kesehatan TNI Meliputi

Untuk menjadi seorang tentara, ada beberapa tahap tes yang harus dijalani. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengetahui tes yang akan dijalani sebelum mendaftar. Selain tes akademik, ada 2 jenis tes kesehatan yang harus dilakukan oleh calon tentara. Tes kesehatan tersebut meliputi tes kesehatan fisik bagian luar dan tes fisik bagian dalam.
Jika calon tentara tidak memiliki kualifikasi standar yang ditetapkan, sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan gugur di tahap ini. Untuk tes kesehatan fisik bagian luar, peserta harus menanggalkan semua pakaian di sebuah ruangan yang dipenuhi dengan calon tentara lain. Di tahap ini, dokter dari tim TNI dan Polisi akan meneliti setiap jengkal bagian tubuh peserta calon tentara. Beberapa hal yang akan diperiksa meliputi seluruh tubuh, telinga dan pendengaran, mata dan penglihatan, gigi dan mulut dan tentunya kesehatan alat reproduksi.
Di artikel kali ini, kami tidak akan membahas semua prosedur tes kesehatan masuk TNI dan Polisi. Kami hanya akan membahas beberapa pertanyaan yang sering terlontar oleh para calon tentara, seperti apakah gigi berlubang bisa masuk TNI? Apakah gigi ompong bisa masuk Polisi dan TNI? Apakah gigi bolong bisa masuk TNI dan polisi? Dan beberapa pertanyaan lain seputar syarat kesehatan gigi masuk TNI, seperti apakah gigi palsu bisa masuk TNI? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami menyajikannya secara lengkap di bawah ini.
Apakah Gigi Berlubang Bisa Masuk TNI?
Jika itu merupakan pertanyaan Anda, maka jawabnya adalah masih bisa. Gigi berlubang bukan penghalang bagi calon peserta yang ingin menjadi seorang TNI atau Polisi. Tapi tentu saja sebelum masa pendaftaran, Anda harus memperbaiki kondisi gigi yang berlubang tersebut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi terbaik mengenai perawatan gigi yang diperlukan untuk memperbaiki mahkota gigi yang berlubang.
Biasanya dokter akan melakukan tindakan medis berupa tambal gigi. Ini sekalian menjawab pertanyaan seputar syarat kesehatan gigi masuk TNI, seperti ‘apakah gigi tambalan bisa masuk TNI dan Polisi?’ Anda masih memiliki potensi untuk diterima meski hasil tes kesehatan sepenuhnya merupakan hak prerogatif tim medis dari Polri. Jika ada kandidat lain yang memiliki kualifikasi yang lebih baik, tentu Anda akan kalah dengan pesaing lain.
Apakah Gigi Ompong Bisa Masuk TNI?
Pertanyaan lain yang sering diajukan adalah tentang gigi ompong. Melihat syarat kesehatan gigi masuk TNI, tentu orang yang giginya ompong tidak bisa masuk TNI. Seorang tentara harus memiliki struktur gigi yang lengkap dan baik, tidak boleh ada yang tanggal atau ompong.
Namun jika Anda memiliki gigi yang sudah dicabut atau ompong di bagian depan, ompong belakang atau ompong gigi geraham, Anda masih memiliki kesempatan untuk menjadi tentara atau polisi jika Anda menggunakan gigi palsu. Anda pun harus berkonsultasi dengan dokter gigi terbaik tentang prosedur tanam gigi atau penggunaan gigi palsu. Menggunakan gigi palsu diperbolehkan bagi calon tentara atau polisi. Jadi, jika Anda memiliki gigi yang ompong, Anda bisa menggunakan gigi palsu agar bisa masuk TNI.
Apakah Gigi Gingsul Bisa Masuk TNI?
Terakhir adalah pertanyaan seputar gigi gingsul. Tentu saja Anda akan gugur di tahap tes kesehatan jika memiliki gigi gingsul. Orang yang memiliki gigi gingsul tidak diperbolehkan menjadi tentara atau polisi. Alternatif terbaik adalah dengan melakukan perawatan gigi dengan menggunakan kawat gigi.
Perawatan gigi dengan kawat gigi harus dilakukan 2 atau 3 tahun sebelum pendaftaran. Pertama, gigi gingsul harus dicabut terlebih dahulu. Di tahap selanjutnya, dokter gigi akan melakukan pemasangan kawat gigi. Prosedur perawatan gigi dengan kawat gigi dilakukan selama beberapa kali pertemuan. Silahkan berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat untuk mengetahui hasil terbaik.

Komentar

Postingan Populer